Inovasi SI & New Technology



Sejarah Perkembangan Sistem/Teknologi Informasi

Sejarah perkembangan teknologi selalu dipelajari dan diingat. Karena tidak ada perkembangan teknologi langsung menjadi canggih, semuanya dilakukan secara bertahap. Dimulai dari bentuk gambar yang tak bermakna pada dinding-dinding, prasasti-prasasti, sampai informasi yang kemudian dikenal dengan nama internet. Informasi yang dikekola dan disampaikan juga terus dikembangkan, dari informasi yang sederhana seperti sekedar menggambarkan suatu keadaan, sampai pada informasi strategis seperti taktik bertempur. Kita juga harus berterima kasih kepada para ilmuan yang sudah mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi yang sudah kita gunakan sampai sekarang ini.

Periode Pertama: Pra Mekanik

Pada periode ini, komunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi.

Periode Kedua: Mekanik

Masa ini termasuk dalam masa abad pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi.

Periode Ketiga: Elektromekanik

Pada masa ini, penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan mesin sesudah Pascaline terus ditemukan.

Periode Keempat: Elektronik

Jean Hoerni mengembangkan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun-tahun selanjutnya. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) yang mana ini adalah cikal bakal dari Internet yang anda gunakan sekarang ini.

Sejarah Perkembangan Hardware

1. Generasi Pertama (1946-1959)
Komputer generasi pertama dibuat masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya, sehingga komputer generasi pertama belum dapat memproses masalah-masalah yang besar. Komputer dalam prosesnya serta pembuatnya masih menggunakan komponen yang besar-besar.


Adapun ciri-ciri komputer generasi pertama, antara lain :
a. Ukuran fisiknya besar.
b. Kecepatan prose lambat.
c. Cepat panas.
d. Membutuhkan listrik yang besar.
e. Menggunakan tabung hampa udara (Vaccum tube).
f. Memorinya menggunakan Magnetic Core Storage.
g. Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
h. Menggunakan konsep Stored Program.


2. Generasi Kedua (1959-1965)
Pembuatan komputer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama yang dibuat untuk menyempurnakan bentuk dari komponen dan penggunaan listrik yang lebih hemat.


Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a. Komponen telah menggunakan transistor.
b. Ukuran fisiknya lebih kecil.
c. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
d. Tidak cepat panas.
e. Membutuhkan listrik lebih sedikit.
f. Memori yang digunakan lebih besar.
g. Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi
h. Sudah dapat digunakan untuk real time dan time sharing


3. Generasi Ketiga (1965-1970)
Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selain itu, komputer generasi ketiga telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal) penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi kedua dan ukuran fisiknya dibuat menjadi lebih kecil, agar dapat menghemat penggunaan ruang.


Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a. Komponen telah menggunakan IC (Integrated Circuit) atau yang disebut "chip" dalam bentuk Hybrid Integrated Circuits atau Solid Logic Technology (SLT), yaitu transistor dan dioda diletakkan secara terpisah dalam satu tempat.
b. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
c. Membutuhkan listrik lebih hemat.
d. Memorinya yang digunakan lebih besar, dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter.
e. Telah menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetik disk yang berkapasitas besar.
f. Dapat digunakan untuk multi processing dan multi programming.
g. Telah dibuatnya alat input-output dengan menggunakan visual display terminal yang dapat menampilkan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, dan telah digunakannya alat pembaca tinta magnetik MICR (Magnetic Ink Character Reader).


4. Generasi Keempat (1970-1995)
Komputer generasi keempat merupakan pengembangan dari komputer generasi ketiga. Komputer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan, yang dalam komputer generasi ketiga belum dapat digabungkan.


Komputer generasi keempat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a. Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration), yaitu penggabungan beribu-ribu IC yang dipadatkan dalam 1 buah chip.
b. LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang dipadatkan.
c. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang membuat rangkaian-rangkaian terpadu.

Sejarah Perkembangan Software

Berdasarkan perkembangannya perangkat lunak sampai dengan sekarang dibagi menjadi beberapa era yaitu :

  • Era Pemula (Pioneer) Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya.
  • Era Stabil Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan.
  • Era Mikro Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

PERUSAHAAN IT YANG INOVASINYA MEMBERI PENGARUH BAGI MASYARAKAT

Tesla Inc

Tesla didirikan pada tahun 2003 oleh sekelompok insinyur yang ingin membuktikan bahwa orang tidak perlu berkompromi untuk menggerakkan listrik - bahwa kendaraan listrik bisa lebih baik, lebih cepat dan lebih menyenangkan untuk dikendarai daripada mobil bensin. Saat ini, Tesla membangun tidak hanya kendaraan yang semuanya listrik tetapi juga produk-produk penyimpanan dan energi bersih yang dapat diskalakan tanpa batas. Tesla percaya bahwa semakin cepat dunia berhenti mengandalkan bahan bakar fosil dan bergerak menuju masa depan tanpa emisi, semakin baik.

Semua kendaraan Tesla diproduksi di pabriknya di Fremont, California, tempat sebagian besar komponen kendaraan juga dibuat. Untuk mencapai tujuan kami memiliki pabrik teraman di dunia, Tesla mengambil pendekatan proaktif terhadap keselamatan, yang mengharuskan karyawan produksi untuk berpartisipasi dalam program pelatihan multi-hari sebelum pernah menginjakkan kaki di lantai pabrik. Dari sana, Tesla terus memberikan pelatihan di tempat kerja dan melacak kinerja setiap hari sehingga perbaikan dapat dilakukan dengan cepat. Hasilnya adalah tingkat keselamatan Tesla terus meningkat sementara Model 3 mengalami peningkatan.

Untuk membuat seluruh ekosistem energi berkelanjutan, Tesla juga memproduksi serangkaian solusi energi yang unik, Powerwall, Powerpack dan Solar Roof, memungkinkan pemilik rumah, bisnis, dan utilitas untuk mengelola pembangkit energi, penyimpanan, dan konsumsi energi terbarukan. Mendukung produk otomotif dan energi Tesla adalah Gigafactory 1 - fasilitas yang dirancang untuk secara signifikan mengurangi biaya sel baterai. Dengan membawa produksi sel di rumah, Tesla memproduksi baterai pada volume yang diperlukan untuk memenuhi tujuan produksi, sambil menciptakan ribuan pekerjaan.

Dan ini baru permulaan. Dengan Tesla membangun mobil yang paling terjangkau, Tesla terus membuat produk dapat diakses dan terjangkau oleh semakin banyak orang, pada akhirnya mempercepat munculnya transportasi bersih dan produksi energi bersih. Mobil listrik, baterai, dan pembangkit dan penyimpanan energi terbarukan sudah ada secara mandiri, tetapi ketika digabungkan, mereka menjadi lebih kuat - itulah masa depan yang kita inginkan.

Inovasi Produk Tesla Inc


Sebagai produsen yang terintegrasi secara vertikal, Tesla harus menguasai beberapa domain teknologi, termasuk baterai, motor listrik, sensor, dan kecerdasan buatan.

  • Baterai

Tesla Supercharger di West Hartford, Connecticut Tidak seperti pembuat mobil lain, Tesla tidak menggunakan sel baterai besar individu, tetapi ribuan sel komoditas lithium-ion kecil, silinder seperti yang digunakan dalam elektronik konsumen. Ia menggunakan versi sel-sel ini yang dirancang agar lebih murah untuk diproduksi dan lebih ringan daripada sel-sel standar dengan menghapus beberapa fitur keselamatan. Menurut Tesla, fitur-fitur ini berlebihan karena sistem manajemen termal canggih dan bahan kimia intumescent di baterai untuk mencegah kebakaran. Panasonic adalah pemasok tunggal sel untuk Model S, Model X, dan Model 3 dan bekerja sama dengan Tesla dalam sel '21 -70 'Gigafactory 1. Pada Februari 2016, biaya sel baterai Tesla diperkirakan US $ 200 per kWh. Tesla menunjukkan pada 2016 bahwa sel baterai mereka kurang dari $ 190 / kWh. Masih kemudian pada tahun itu, Argonne Labs memperkirakan $ 163 / kWh dengan tingkat produksi 500.000 bungkus per tahun. Dalam pertemuan Pemegang Saham Tesla 2018, Elon Musk menyatakan biaya sel baterai bisa menjadi $ 100 / kWh pada tahun 2018. 2020 akan membawa paket baterai Tesla $ 100 / kWh (sebagai lawan dari sel baterai). Baterai ditempatkan di bawah lantai kendaraan. Ini menghemat ruang interior dan bagasi tetapi meningkatkan risiko kerusakan baterai akibat serpihan atau benturan. Model S memiliki plat pelindung aluminium-paduan 0,25 inci (6,4 mm). CTO Straubel memperkirakan baterai akan bertahan 10–15 tahun, dan diskon menggunakan mobil listrik untuk mengisi daya jaringan (V2G) karena baterai yang terkait lebih besar daripada manfaat ekonomi. Dia juga lebih suka daur ulang daripada menggunakan kembali untuk grid setelah mereka mencapai akhir masa manfaatnya untuk kendaraan. Sejak 2008, Tesla telah bekerja dengan ToxCo / Kinsbursky untuk mendaur ulang baterai RoHS yang sudah usang, yang akan menjadi bagian integral dari semua Gigafactories.

  • Motor

Tesla membuat dua jenis motor listrik. Motor induksi AC tiga-kutub tiga fase dengan rotor tembaga (dengan mana logo Tesla diilhami) digunakan sebagai motor belakang dalam Model S dan Model X, dan motor magnet permanen digunakan dalam Model 3, Semi, dan motor depan versi S (X) yang lebih baru (awal 2019).

  • Pilot otomatis

Tesla Autopilot menyediakan bantuan driver semi-otonom yang dimulai pada bulan September 2014. Tesla mengganti sensor dan perangkat lunaknya pada tahun 2016 (Perangkat Keras versi 2, atau "HW2"). Pada 2017, Autopilot termasuk kontrol pelayaran adaptif, peringatan keberangkatan jalur, pengereman darurat, Autosteer (kemudi semi-otomatis), Autopark (parkir paralel dan tegak lurus) dan Summon (memanggil kendaraan dari tempat parkir). HW2 mencakup delapan kamera dan dua belas sensor ultrasonik, selain radar yang menghadap ke depan. HW2.5 dirilis pada pertengahan 2017 yang meningkatkan HW2 dengan GPU kedua dan, untuk Model 3 saja, kamera yang menghadap ke pengemudi. HW3 pertama kali dipasang pada Model S dan X pada q1 2019 dan Model 3 diikuti dengan cepat

Pada akhir 2016, Tesla diharapkan untuk menunjukkan otonomi penuh pada akhir 2017, yang sekarang diharapkan pada tahun 2019. Pada bulan April 2017 Musk memperkirakan bahwa dalam sekitar dua tahun pengemudi akan dapat tidur di kendaraan mereka sementara itu mengemudi sendiri.
Pada bulan April 2019, Tesla mengumumkan bahwa semua mobil, tidak termasuk Tesla Model 3, akan mencakup autopilot yang bergerak maju.

  • Kaca
Pada November 2016, perusahaan mengumumkan kelompok teknologi kaca Tesla. Kelompok ini memproduksi kaca atap untuk Tesla Model 3 dan untuk digunakan dalam genteng SolarCity diumumkan pada Oktober 2016. Ubin berisi kolektor surya tertanam, dan sepertiga lebih ringan dari genteng standar.


  • Panel Surya
Tesla berencana akan memproduksi panel surya dengan sistem solar-photovoltaic untuk dipasang pada atap mobil yang diproduksinya. Panel surya ini akan diproduksi oleh SolarCity, perusahaan lain yang didanai oleh Elon Musk. Panel surya ini akan memberi tenaga tambahan pada baterainya selama mobil ini dijalankan. Dengan panel surya ini, semua mobil Tesla setidaknya dapat ditambah jarak tempuhnya sekitar 50 mil (80 km) per hari tanpa harus membebani rangkaian listrik pada mesinnya.

Sumber:


https://rizkypermanap.blogspot.com/2017/11/sejarah-perkembangan-sistem-informasi.html?m=1
http://hilmakarimah84.blogspot.com/2017/10/sejarah-perkembangan-si-ti.html?m=1
http://helmimahfudhatul1831.blogspot.com/2012/10/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html?m=1
https://www.tesla.com/about
https://id.wikipedia.org/wiki/Tesla,_Inc.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELUANG DAN TANTANGAN BIDANG SUMBER DAYA MANUSIA DALAM INDUSTRI 4.0 (Studi Pustaka)

Spesifikasi Service Management Tools

Manusia dan Keadilan